Chrome Pointer -->

Iklan Billboard 970x250

MENEJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN CUSTOMER SERVIS

Iklan 728x90

MENEJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN CUSTOMER SERVIS

 

MAKALAH

MENEJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN CUSTOMER SERVIS


Oleh:

MUHAMMAD FIKRUZZAMAN MAKARIM (20104080045)


 

MENEJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN CUSTOMER SERVIS

 

KATA PENGANTAR

            segala puji bagi allah tuhan semesta alam yang telah meberi kesempatan saya hidup sampai detik ini dengan keadaan sehat. Sholawat serta salam tetap kita haturkan kepada nabi besar muhammad SAW yang telah menuntun kita dari gelapnya zaman jahiliah menuju zaman yang terang benerang ini. Saya ucapkan terimakasih kepada bapak Andi Prastowo yang telah membarikan kesempatan kepada saya sehingga saya dapat menulis makalah ini yang berjudul “menejemen sumber daya manusia dan customer servis” dan juga selalu membimbing saya dalam menulis makalah ini, dan tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman seperjuangan saya yang selalu mensuport saya sehingga saya bisa menyelesaikan makalah ini dengan semangant. Dan saya meminta maaf jika dalam penulisan makalah ini terdapat penulisan dari aspek penjelasan maupun tata cara penulisan.  

           

                                                                                                                                                                                                                                                Lamongan, 7 desember 2020

                                                                                    Penulis

 

 

                                                                                    Muhammad Fikruzzaman Makarim

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang.

Ketika ada sebuah perusahaan atau sebuah organisasi pasti memer lukan yang namanya sumber daya menusia (SDM). Maka dari itu SDM sangat di butuhkan di dalam mengelolah sebuah perusahaan atau sebuah organisasi. Dan ngak mungkin semua itu di kendalikan oleh sebuah robot.

Maka dari itu kita membutuhkan menejemen sumber daya manusia (MSDM) yang di gunakan untuk mengatur sumber daya manusia agar tepat sesuai sasaran dan sesuai apa yang di inginkan. Ddan tifdak keluar koridor apa yang kita tuju di dalam sebuah perusahaan atau sebuah organisasi. Jika tidak ada MSDM maka berkemungkinan besar sebuah perusahaan atau organisasi tidak akan berjalan dengan lancar. Kualitas MSDM juga sangat di butuhkan untuk mengelola SDM agar semua yang di kerjakan bisa berjalan lancar sesuai dengan yang di inginkan dan mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak menegcewakan. Dengan kualitas SDM yang unggul maka perusahaan kita akan mendapatkan hasil yang maksimal.

            Customer servis juga merupakan salah satu komponen penting yang ada di dalam suatu perusahaan. Karena jikalau hanya ada menejemen sumber daya menusia saja maka kemunggkinan tidak akan berjalan karena tidak adanya customer servis. Karena customer servislah yang berhubungan langsung dengan pelanggan.

 

B.     Rumusan Masalah.

1.      Apa pengertian dari SDM, MSDM, CS?

2.      Apa tujuan adanya MSDM?

3.      Apa saja faktor yang mempengaruhi kualitas menejemen sumber daya menusia?

4.      Apa fungsi adanya menejemen sumber daya manusia?

5.      Bagai mana cara mengetahui kualitas customer servis?

6.      Bagaimana cara kita mengetahui kepuasan pelanggan kita?

C.      Tujuan.

adapun tujuan di tulisnya makalh ini adalah untuk:

1.      Mengetahui pengertian dari SDM, MSDM, CS

2.      Mengetahui tujuan adanya MSDM

3.      Mengetahui faktor yang mempengaruhi kualitas menejemen sumber daya menusia.

4.      Mengetahui fungsi menejemen sumber daya manusia.

5.      Menggetahui cara mengetahui kualitas customer servis.

6.      Mengetahui cara mengetahui kepuasan pelanggan.

 

 

 

D.    Metode penelitian

Pengumpulan data yang di gunakan yaitu data kualitatif yang berasal dari beberapa artikel yang dikumpulakan dari beberapa jurnal lalu di lakukan pendalaman  kajian pustaka guna mendapatkan sebuah pengetahuan yang bersangkutan dangan judul yang di bahas dan di kumpulkan beberapa data yng di ambil untuk penulisan makalah ini.

 

BAB II

PEMBAHASAN

A.    Pengertian sumber daya manusia.

 

                     Sumber daya manusia (SDM) adalah aspek penting yang terdapat di dalam suatu organisasi atau lembaga.Managemen adalah suatu cara yang di gunakan untuk menyelesaikan sesuatu dengan pikiran dan tenaga orang lain.Menejemen sumber daya manusia (MSDM) adalah pengetahuan bagaimana menggelola sumber daya manusia. (marlina, 2015). Sedangkan pengertian MSDM menurut para ahli: (almasri, 2016) (nuraeni, 2019)

1.      Menurur Hall T. Dauglas dan Goodale G. James: “the prosess through which optimal fit is achievedamong the employee, job, organization,and environment so that employess reach their desired level of satisfaction and performance and the organization meets it’s goals”

“Proses di mana kesesuaian optimal dicapai antara karyawan, pekerjaan, organisasi, dan lingkungan sehingga karyawan mencapai tingkat kepuasan dan kinerja yang diinginkan dan organisasi memenuhi tujuannya”.

2.      Menurut Edwin Flipo yang di terjemahkan oleh Moh. Maksud MSDM adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja, dengan sumber daya manusia agar tepat sasaran perorangan, organisasi dan masyarakat.

 

3.      Menurut Malayu Hasibuan “ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan hubungan kerja, agar efektif dan ofisien membantu terwujudnya tujuan”

 

4.      Menurut T. Hani Handoko “ penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan-tujuan baik individu maupun organisasi.

 

B.     Tujuan menejemen sumber daya manusia

 

               Ada banyak tujuan utama sebuah  menejemen sumber daya manusia adalah untuk meningkatkan kontribusi sumberdaya manusia. Menurut wrther dan Davis tujuan MSDM di bagi menjadi 3 bagian:

1.      Tujuan kemasyarakatan sosial objective suatu usaha atau organisasi yang berada di dalam masyarakat di harapkan bisa berdampak positif bahkan bisa memberi manfaat terhadap masyarakat sekitar.

2.      Tujuan organisasi organization objective MSDM merupakan suatu alat yang di gunakan untuk tercapainya tujuan sebuah organisasi itu sendiri.

3.       Tujuan fungsional fungcional objective MSDM untuk memelihara kontribusi bagian bagian agar tugasnya terlaksana secara optimal.

4.      Tujuan pribadi personal objective di gunakan untuk kepentingan personal atau individual di dalam suatu organisasi.

 

C.     Faktor yang mempengaruhi kualitas sumber daya Manusia.

                     Tingkat kualitas SDM di tentukan oleh beberapa faktor (widodo, 2015) di antaranya adalah faktor pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan minat.

1.      Pendidikan.

               pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar untuk mendapat sebuah ilmu atau pengetahuan baru dan di gunakan untuk meningkatkan kualitas diri dalam menggapai apapun. Pendidikan juga sangat mempengaruhu prilaku seseorang dalam melakukan sebuah tindakan.

2.      Pengalaman kerja.

               Hal-hal yang pernah di lalui atau pernah di kerjakan oleh seseorang. Dan seseorang akan mendapatkan sebuah pengalaman dengan melakukan suatu hal dan dia akan mendapatkan pengetahuan dari apa yang dia kerjakan.

3.      Keahlian.

               Ketika kita sudah mendapatkan sebuah pengetahuan baik di dapatkan dari pendidikan maupun pengalaman kerja maka akan timbul sebuah keahlian dalam diri seseorang.

4.      Minat/ interest.

               Minat adalah suatu keadaan kesiapan seseorang dalam memuali sesuatu. Ada juga yang mengatakan minat adalah suatu pendangan atau perasaan yang ada pada diri seseorang dalam menagngapi suatu keadaan.

 

D.    Fungsi menejemen sumber daya manusia

                     Di dalam MSDM ada banyak fungsinya dan ada juga beberapa versi yang mengatakan tentang fungsi MSDM dan akan di rangkum menjadi beberapa bagian di antaranya adalah:

A.    Fungsi menejerial menejemen sumber daya manusia.

B.     Fungsi operasional menejemen sumer daya masusia.

Fungsi menejerial menejemen sumber daya manusia.

                     Menurut hasibuan (shofie & fitria, 2018) pembagian fungsi menejerial sumber daya manusia di bagi menjadi 4 bagian

1.      Perencanaan

Suatu rencana yang akan di dunakan untuk mengerjakan seseorang di sebuah perusaan atau sebuah organisasi.

2.      Pengorganisasian

                     Pengerganisasian (saefudin, 2018) adalah suatu sistem pemgendalian kerjasama yang di lakukan oleh dua orang atau lebih sesuai tugas masing masing.

3.      Pengarahan.

                     Pengarahan adalah (setiawan, 2015) seatu kegiatan yang berhubungan dengan motivasi, bimbingan, saran, perintah dan intruksi.

4.      Pengendalian.

                     Pengendalian adalah (mukmin, kholid, & rizal, 2019) kumpulan dari suatu perangkat yang di gunakan untuk mencapai tujuan tertentu melalui tujuan yang di harapkan.

Fungsi oprasional menejemen sumber daya manusia

                     Menurut hasibuan (almasri, 2016) fungsi operasional menejemen sumber daya manusia di bagi menjadi 7 bagian:

1.      Pengadaan.

2.      Pengembangan

3.      Kompensasi

4.      Pengintegrasikan

5.      Pemeliharaan

6.      Kedisiplinan

7.      Pemberhentian

 

E.     Pengertian Customer Servise (CS)

                     Customer servise (rasmawati & ristiyanadi, 2018) adalah suatu penetapan tempat tugas yang berada di bagian pelayanan, memberikan informasi dan menyelesaikan keluhan tentang produk yang di hadapi tamu atau nasabah maupun pelanggan.  Ada juga beberapa pelayanan dasar yang harus di kuasai sebagai seorang CS, sebagai seorang CS juga harus berpenampilan rapi, bersih, percaya diri, akrab dan sopan terhadap pelanggan yang akan di layani.

 

 

F.      Kualitas customer.

                     Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas dan ada juga berbagai cara mengetahui kualitas customer di antaranya adalah (imelda, 2017):

1.      Tangible/ bukti fisik adalah suatu usaha yang di lakukan oleh suatu perusahaan untuk membuktikanya kepada pihak eksternal.

2.      Reability/ keandalan adalah suatu usaha yang bisa di andalkan oleh suatu perusahaan di dalam pelayanan atau pengadaan jasa/ barang.

3.      Responsivenes/ daya tanggap adalah suatu perlakuan dan ketanggapan yang di lakukan oleh suatu perusahaan.

4.      Ansurance/ jaminan suatu pelanggan akan merasa aman dan nyaman jika adanya suatu asuransi yang terdapat pada suatu perusahaan.

5.      Empati kepedulian terhadap pelanggan yang di lakukan oleh customer suatu perusahaan.

 

G.    Ciri-ciri pelanggan yang puas.

                     Ada beberapa ciri jika seorang pelanggan puas dengan pelayanan yang kita terapkan di suatu perusahaan (sembiring, suharyono, & kusmawati, 2014).

1.      Timbulnya loyalitas terhadap produk kita.

2.      Adanya komunikasi antara customer dan pelanggan.

3.      Perusahaan tersebut menjadi pertimbangan pertama.

 

MENEJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN CUSTOMER SERVIS

 

BAB III

PENUTUP

A.    KESIMPULAN.

         Menejemen sumber daya manusia adalah seatu kegiatan yang dilakukan untuk mengatur sumber daya menusia. Ada juga pengertian menurut para ahli. Ada pun tujuan adanya menejemen sumber daya manusia adalah Tujuan kemasyarakatan, Tujuan organisasi,  Tujuan fungsional dan Tujuan pribadi.  Beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas sumber daya manusia adalah pendidikan, pengalaman, keahlian dan minat. Adapun fungsi menejemen sumber daya menusia di bagi menjadi 2 yaitu fungsi menejerial menejemen sumber daya manusia (FMMSDM) dan fungsi oprasional menejemen sumber daya manusia (FOMSDM). FMMSDM di bagi menjadi 4 bagian perencanaan, pengorganisasian, penggarahan dan pengendalian adapun FOMSDM di bagi menjadi 7 bagian di antaranya adalah Pengadaan, Pengembangan, Kompensasi, Pengintegrasikan, Pemeliharaan, Kedisiplinan, Pemberhentian. Pengertian customer servise atau bisa kita sebut pelayanan pelanggan adalah suatu penetapan tempat tugas yang berada di bagian pelayanan, memberikan informasi dan menyelesaikan keluhan tentang produk yang di hadapi tamu atau nasabah maupun pelanggan. Kualitas customer di jelaskan menjadi 5 bagian yaitu: Tangible, Reability, Responsivenes, Ansurance, empati. Ada guja beberapa faktor yang mengindikasikan kepuasan seorang pelanggan antara lain adalah loyal kepada produk kita, tejadinya sebuah komunikasi, menjadikan perusahaan kita sebagai pertimbangan pertama.

 

B.     SARAN

                     Semoga apa yang saya tulis ini bisa menjadi bermanfaat bagi pembaca dan bisa menjadi pacuan di dalam pengetahuan tentang menejemen sumber daya menusia dan customer servis.

 

 

 


 

 

                

 

 

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Popular posts from this blog

Iklan Tengah Post