MENEJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN CUSTOMER SERVIS
MAKALAH
MENEJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN CUSTOMER SERVIS
Oleh:
MUHAMMAD FIKRUZZAMAN MAKARIM (20104080045)
MENEJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN CUSTOMER SERVIS
KATA PENGANTAR
segala puji bagi allah tuhan semesta alam yang
telah meberi kesempatan saya hidup sampai detik ini dengan keadaan sehat.
Sholawat serta salam tetap kita haturkan kepada nabi besar muhammad SAW yang
telah menuntun kita dari gelapnya zaman jahiliah menuju zaman yang terang
benerang ini. Saya ucapkan terimakasih kepada bapak Andi Prastowo yang telah
membarikan kesempatan kepada saya sehingga saya dapat menulis makalah ini yang
berjudul “menejemen sumber daya manusia dan customer servis” dan juga selalu
membimbing saya dalam menulis makalah ini, dan tak lupa juga saya ucapkan
terima kasih kepada teman-teman seperjuangan saya yang selalu mensuport saya
sehingga saya bisa menyelesaikan makalah ini dengan semangant. Dan saya meminta
maaf jika dalam penulisan makalah ini terdapat penulisan dari aspek penjelasan
maupun tata cara penulisan.
Lamongan,
7 desember 2020
Penulis
Muhammad
Fikruzzaman Makarim
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang.
Ketika ada
sebuah perusahaan atau sebuah organisasi pasti memer lukan yang namanya sumber
daya menusia (SDM). Maka dari itu SDM sangat di butuhkan di dalam mengelolah
sebuah perusahaan atau sebuah organisasi. Dan ngak mungkin semua itu di
kendalikan oleh sebuah robot.
Maka dari itu kita
membutuhkan menejemen sumber daya manusia (MSDM) yang di gunakan untuk mengatur
sumber daya manusia agar tepat sesuai sasaran dan sesuai apa yang di inginkan.
Ddan tifdak keluar koridor apa yang kita tuju di dalam sebuah perusahaan atau
sebuah organisasi. Jika tidak ada MSDM maka berkemungkinan besar sebuah
perusahaan atau organisasi tidak akan berjalan dengan lancar. Kualitas MSDM
juga sangat di butuhkan untuk mengelola SDM agar semua yang di kerjakan bisa
berjalan lancar sesuai dengan yang di inginkan dan mendapatkan hasil yang
maksimal dan tidak menegcewakan. Dengan kualitas SDM yang unggul maka
perusahaan kita akan mendapatkan hasil yang maksimal.
Customer servis juga merupakan salah
satu komponen penting yang ada di dalam suatu perusahaan. Karena jikalau hanya
ada menejemen sumber daya menusia saja maka kemunggkinan tidak akan berjalan
karena tidak adanya customer servis. Karena customer servislah yang berhubungan
langsung dengan pelanggan.
B.
Rumusan Masalah.
1.
Apa pengertian dari SDM, MSDM, CS?
2.
Apa tujuan adanya MSDM?
3.
Apa saja faktor yang mempengaruhi kualitas menejemen sumber daya
menusia?
4.
Apa fungsi adanya menejemen sumber daya manusia?
5.
Bagai mana cara mengetahui kualitas customer servis?
6.
Bagaimana cara kita mengetahui kepuasan pelanggan kita?
C.
Tujuan.
adapun tujuan di tulisnya makalh ini adalah untuk:
1.
Mengetahui pengertian dari SDM, MSDM, CS
2.
Mengetahui tujuan adanya MSDM
3.
Mengetahui faktor yang mempengaruhi kualitas menejemen sumber daya
menusia.
4.
Mengetahui fungsi menejemen sumber daya manusia.
5.
Menggetahui cara mengetahui kualitas customer servis.
6.
Mengetahui cara mengetahui kepuasan pelanggan.
D.
Metode penelitian
Pengumpulan data
yang di gunakan yaitu data kualitatif yang berasal dari beberapa artikel yang
dikumpulakan dari beberapa jurnal lalu di lakukan pendalaman kajian pustaka guna mendapatkan sebuah
pengetahuan yang bersangkutan dangan judul yang di bahas dan di kumpulkan
beberapa data yng di ambil untuk penulisan makalah ini.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian sumber daya manusia.
Sumber
daya manusia (SDM) adalah aspek penting yang terdapat di dalam suatu organisasi
atau lembaga.Managemen adalah suatu cara yang di gunakan untuk menyelesaikan
sesuatu dengan pikiran dan tenaga orang lain.Menejemen sumber daya manusia (MSDM)
adalah pengetahuan bagaimana menggelola sumber daya manusia.
1.
Menurur Hall T. Dauglas dan Goodale G. James: “the prosess
through which optimal fit is achievedamong the employee, job, organization,and
environment so that employess reach their desired level of satisfaction and
performance and the organization meets it’s goals”
“Proses di mana kesesuaian optimal dicapai antara karyawan, pekerjaan,
organisasi, dan lingkungan sehingga karyawan mencapai tingkat kepuasan dan
kinerja yang diinginkan dan organisasi memenuhi tujuannya”.
2.
Menurut Edwin Flipo yang di terjemahkan oleh Moh. Maksud MSDM
adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian tenaga
kerja, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan
hubungan kerja, dengan sumber daya manusia agar tepat sasaran perorangan,
organisasi dan masyarakat.
3.
Menurut Malayu Hasibuan “ilmu dan seni mengatur hubungan dan
peranan hubungan kerja, agar efektif dan ofisien membantu terwujudnya tujuan”
4.
Menurut T. Hani Handoko “ penarikan, seleksi, pengembangan,
pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan-tujuan
baik individu maupun organisasi.
B. Tujuan menejemen sumber daya manusia
Ada
banyak tujuan utama sebuah menejemen
sumber daya manusia adalah untuk meningkatkan kontribusi sumberdaya manusia.
Menurut wrther dan Davis tujuan MSDM di bagi menjadi 3 bagian:
1. Tujuan kemasyarakatan sosial
objective suatu usaha atau organisasi yang berada di dalam masyarakat di
harapkan bisa berdampak positif bahkan bisa memberi manfaat terhadap masyarakat
sekitar.
2. Tujuan organisasi organization
objective MSDM merupakan suatu alat yang di gunakan untuk tercapainya
tujuan sebuah organisasi itu sendiri.
3. Tujuan fungsional fungcional objective MSDM
untuk memelihara kontribusi bagian bagian agar tugasnya terlaksana secara
optimal.
4. Tujuan pribadi personal objective
di gunakan untuk kepentingan personal atau individual di dalam suatu
organisasi.
C.
Faktor yang mempengaruhi kualitas sumber daya Manusia.
Tingkat
kualitas SDM di tentukan oleh beberapa faktor
1.
Pendidikan.
pendidikan adalah suatu usaha
yang dilakukan secara sadar untuk mendapat sebuah ilmu atau pengetahuan baru
dan di gunakan untuk meningkatkan kualitas diri dalam menggapai apapun.
Pendidikan juga sangat mempengaruhu prilaku seseorang dalam melakukan sebuah
tindakan.
2.
Pengalaman kerja.
Hal-hal yang pernah di lalui atau
pernah di kerjakan oleh seseorang. Dan seseorang akan mendapatkan sebuah
pengalaman dengan melakukan suatu hal dan dia akan mendapatkan pengetahuan dari
apa yang dia kerjakan.
3.
Keahlian.
Ketika kita sudah mendapatkan
sebuah pengetahuan baik di dapatkan dari pendidikan maupun pengalaman kerja
maka akan timbul sebuah keahlian dalam diri seseorang.
4.
Minat/ interest.
Minat adalah suatu keadaan
kesiapan seseorang dalam memuali sesuatu. Ada juga yang mengatakan minat adalah
suatu pendangan atau perasaan yang ada pada diri seseorang dalam menagngapi
suatu keadaan.
D.
Fungsi menejemen sumber daya manusia
Di
dalam MSDM ada banyak fungsinya dan ada juga beberapa versi yang mengatakan
tentang fungsi MSDM dan akan di rangkum menjadi beberapa bagian di antaranya
adalah:
A.
Fungsi menejerial menejemen sumber daya manusia.
B.
Fungsi operasional menejemen sumer daya masusia.
Fungsi menejerial menejemen sumber daya manusia.
Menurut
hasibuan
1.
Perencanaan
Suatu rencana yang akan di dunakan untuk mengerjakan seseorang
di sebuah perusaan atau sebuah organisasi.
2.
Pengorganisasian
Pengerganisasian
3.
Pengarahan.
Pengarahan
adalah
4.
Pengendalian.
Pengendalian
adalah
Fungsi oprasional menejemen sumber daya manusia
Menurut
hasibuan
1.
Pengadaan.
2.
Pengembangan
3.
Kompensasi
4.
Pengintegrasikan
5.
Pemeliharaan
6.
Kedisiplinan
7.
Pemberhentian
E.
Pengertian Customer Servise (CS)
Customer
servise
F.
Kualitas customer.
Ada
beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas dan ada juga berbagai cara
mengetahui kualitas customer di antaranya adalah
1.
Tangible/ bukti
fisik adalah suatu usaha yang di lakukan oleh suatu perusahaan untuk
membuktikanya kepada pihak eksternal.
2.
Reability/ keandalan
adalah suatu usaha yang bisa di andalkan oleh suatu perusahaan di dalam
pelayanan atau pengadaan jasa/ barang.
3.
Responsivenes/ daya
tanggap adalah suatu perlakuan dan ketanggapan yang di lakukan oleh suatu
perusahaan.
4.
Ansurance/ jaminan
suatu pelanggan akan merasa aman dan nyaman jika adanya suatu asuransi yang
terdapat pada suatu perusahaan.
5.
Empati kepedulian
terhadap pelanggan yang di lakukan oleh customer suatu perusahaan.
G.
Ciri-ciri pelanggan yang puas.
Ada
beberapa ciri jika seorang pelanggan puas dengan pelayanan yang kita terapkan
di suatu perusahaan
1.
Timbulnya loyalitas terhadap produk kita.
2.
Adanya komunikasi antara customer dan pelanggan.
3.
Perusahaan tersebut menjadi pertimbangan pertama.
MENEJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN CUSTOMER SERVIS
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN.
Menejemen sumber daya manusia adalah seatu kegiatan yang
dilakukan untuk mengatur sumber daya menusia. Ada juga pengertian menurut para
ahli. Ada pun tujuan adanya menejemen sumber daya manusia adalah Tujuan
kemasyarakatan,
Tujuan organisasi, Tujuan fungsional dan Tujuan pribadi. Beberapa
faktor yang mempengaruhi kualitas sumber daya manusia adalah pendidikan,
pengalaman, keahlian dan minat. Adapun fungsi menejemen sumber daya menusia di
bagi menjadi 2 yaitu fungsi menejerial menejemen sumber daya manusia (FMMSDM)
dan fungsi oprasional menejemen sumber daya manusia (FOMSDM). FMMSDM di bagi
menjadi 4 bagian perencanaan, pengorganisasian, penggarahan dan pengendalian
adapun FOMSDM di bagi menjadi 7 bagian di antaranya adalah Pengadaan, Pengembangan,
Kompensasi, Pengintegrasikan, Pemeliharaan, Kedisiplinan, Pemberhentian.
Pengertian customer servise atau bisa kita sebut pelayanan pelanggan adalah suatu
penetapan tempat tugas yang berada di bagian pelayanan, memberikan informasi
dan menyelesaikan keluhan tentang produk yang di hadapi tamu atau nasabah
maupun pelanggan. Kualitas customer di jelaskan menjadi 5 bagian yaitu: Tangible,
Reability, Responsivenes, Ansurance, empati. Ada guja beberapa faktor yang
mengindikasikan kepuasan seorang pelanggan antara lain adalah loyal kepada
produk kita, tejadinya sebuah komunikasi, menjadikan perusahaan kita sebagai
pertimbangan pertama.
B.
SARAN
Semoga
apa yang saya tulis ini bisa menjadi bermanfaat bagi pembaca dan bisa menjadi
pacuan di dalam pengetahuan tentang menejemen sumber daya menusia dan customer
servis.
Post a Comment
Post a Comment