Chrome Pointer -->

Iklan Billboard 970x250

cara mendirikan usaha

Iklan 728x90

cara mendirikan usaha

 

MAKALAH

CARA MENDIRIKAN USAHA


Oleh:

            Muhammad fikruzzaman makarim (20104080045)

 

 

 

ABSTRAK

            Pada dasarnya Ketika seseorang ingin menjadi wirausaha yang profesional bukanlah gampang.  namun bukanlah sesulit yang dibayangkan banyak orang Berwirausaha Bisa  dipelajari oleh semua orang.  keinginan serta keahlian berani mengambil resiko ialah salah satu nilai utama dalam kewirausahaan.banyak dari kita madih binggung bangaimana cara mendirikan sebuah usaha?.wirausaha yang tidak ingin mengambil resiko hendak sukar mengawali atau pun berinisiatif,  tetapi tidak cuma itu saja menetapkan sesuatu perihal berarti dalam melaksanakan usaha karena itu membutuhkan kiat yang pas untuk mendapatkan sebuah kesuksesan terdapat bagian langkah-langkah yang bisa dicoba Ketika seseorang antara lain in in seleksi bidang usaha yang kamu Minati serta mempunyai serat serta pengetahuan didalamnya perluas serta memperbanyak jaringan bisnis serta pertemanan, memilih keunikan serta nilai Unggul dalam produk atau jasa kamu Disamping itu dalam berwirausaha sangat dibutuhkan kejujuran dalam berwirausaha sebab hendak membawa keberhasilan serta kesuksesan dari akibat positif dari keyakinan pelanggan. Seperti yang kita lihat mendirikan usaha itu sulit tapi tidak bagi orang yang berani memulai.

Kata kata kunci: mendirikan usaha, bussiness trick, kewirausahaan


ABSTRACT

 Basically, when someone wants to be a professional entrepreneur, it is not easy. but not as difficult as many people imagine Entrepreneurship Can be learned by everyone. The desire and expertise to take risks is one of the main values in entrepreneurship. Many of us are still confused about how to set up a business? Entrepreneurs who don't want to take risks will find it difficult to start or take the initiative, but not only that it determines something meaningful in implementing it. business because it requires the right tips to get a success there are steps that can be tried When someone, among other things, is in the selection of the business field that you are interested in and has the fiber and knowledge in it, expand and expand business networks and friendships, choose uniqueness and superior value in your product or service. In addition, in entrepreneurship, honesty is needed in entrepreneurship because it wants to bring success and success from the positive consequences of customer confidence. As we can see setting up a business is difficult but not for those who dare to start.

 Keywords: establishing a business, business trick, edupeuneurship

 

A.PENDAHULUAN

            Masalah yang sering muncul kerika ingin mnedirikan usaha antara lain adalah maslah perencanaan yang kurang jelas, kurang permodalan, bahan baku, dan teknik pemasaran atau marketing. Pengetahuan tentang usaha yang kurang luas oleh pemilik usaha itu sendiri menhasilkan rencana yang kurang jelas sehingga usaha yang diharapkan berjalan matang menjadi macet. Masalh seperti itu sering muncul dan selalu bersinambungan. (Kumalasari, 2017) dan menurut (Hartomo, 2014) masih kurangnya sumber daya manusia SDM yang dapat dilihat dari prilaku kewirausahaan loyalistas dalam pekerjaannya, provesionalisme dan kedisiplinan.

            Sebelum kita membahas tentang usaha kita harus mengetahui tentang itu. Usaha adalah upaya yang dikerjakan untuk memperoleh sebuah keuntungan atau manfaat. “para wira usaha adalah orang yang memiliki kemampuan melihat kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dikumpulkan untuk mengambil keuntungan darinya dan mengambil keuntungan dan mengambil keuntungan yang tepat untuk memastikan kesuksesan, para wirausaha adalah para individu yang berorientasi bermotivasi tinggi dan berani mengambil resiko, dan mengejar tujuanya”.kata Geoffry Merridith (Sudjatmoko, 2009)

            Dari permasalahan diatas bagaimana kita mendirikan sebuah usaha? Kita akan bahas tentang bagaimana cara kita mendirikan sebuah usaha, apakah sesulit yang kita bayangkan? Atau akan menjadi mudah setelah anda membaca makalah ini?

METODE PENELITIAN

            Jenis sumber yang digunakan dalam karya ilmiyah  adalah data kualitatif dan sumber data yang  digunakan berasal dari analisis data yang di lakukan oleh beberapa orang atau lembaga penelitian. Dan penumpulan data dari artikel dari beberapa jurnal dan buku.

            Setelah di kumpulkan data dari beberapa artikel dan buku maka kami menganalisis data yang telah di dapatkan untuk mendapatkan sebuah informasi yang di tuangkan dalam karya ilmiah ini. (rahmida


Tahapan penelitian yang digunakan adalah:



 

 

 

 

 



PEMBAHASAN

A. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SESEORANG UNTUK MEMULAI USAHA

            Bannyak faktor faktor yang mempengaruhi seseorang yntuk terjun kedalam usha. Dan kali ini saya akan menjelaskan tiga faktor yang menjadikan seseorang untuk terjun kedunia usaha:

1.      Academic suport dukungan akademis menurut bandura dalam ol wisol faktor akademik ddapat memacu pelajar atau mahasiswa dapat memulai sebuah bisnis. (walipah & naim, 2016) chaplin mendefinisikan dukungan akademik sebagai suatu pengadaan sesuatu hal untuk memenuhi kebutuhan orang lain. (wiyanto, 2015) akademis yang menjadi peran penting untuk memulai usaha bagi pelajar dan maha siswa.

2.      Sosial suport dukungan sosial bantuan sosial yang di butuhkan dalam memulai usaha dan pemberian dukungan sosial kepada orang yang menerima dukungan. Dukungan tersebut bisa berupa materi, emotional suport (perilaku,rasa percaya dan perhatian), dan lain lain. Kepercayaan dan ekspestasi seseorang merupakan bahwa dia akan menerima dukungan baik dari orang sekitar ataupun kerabat.

3.      Environmental suport dukungan lingkungan schneider menerangkan bahwa lingkungan dapat di anggap menyesuaikan diri bagi pelajar jika individu dibesarkan dalam keluarga dimana ada cinta, respek toleransi, keamanan dan kehangatan. (walipah & naim, 2016). suatu usaha yang beropprasi di lingkungan yang dinamis dapat dikendalikan oleh wirausaha itu sendiri. Seperti kebijakan pemerintah itu juga temasuk lingkungan wirausaha. Gyawali dan fogel membagi lingkunga usaha menjadi lima bagian 1.kebijakan dan prosedur pemerintah 2.kondisi sosial dan ekonomi 3.keterampilan kewirausahaan dan bisnis 4. Bantuan keuwangan 5. Bantuan non keuwangan. (haryani, 2012)

 

B. ALASAN SESEORENG MEMULAI SEBUAH USAHA

            Dalam entrepreneur’s handbook (intan & elisa, 2015) yang dikitip dari beberapa artikel ada 4 alasan seseorang memulai bisnis:

1.      alasan keuwangan, karena kita sebagai manusia membutuhkan uang untuk membeli kebutuhan yang kita butuhkan.

2.      Alasan sosial, agar di ketahui banyak orang atau menambah teman, agar berteme dengan banyak orang.

3.      Alasan pelayanan, untuk memberi lapangan pekerjaan bagi orang lain dan untuk membantu orang yang pngangguran.

4.      Alasan pemenuhan diri, untuk mewujutkan kemandirian tanpa tergantung dengan orang lain.

 

 

C.MENDIRIKAN USAHA

MENDIRIKAN USAHA ALA BOB SADINO

            Bambang mustadi sadino yang akrab di sapa bob sadino atau om bob ini dilahirhan pada 9 maret 1933 di tanjung karang, lampung (wisteria, 2016). Menurut beliau ketika kita ingin mendirikan usaha ada ada 16 cara yang ketida melakukanya itu gampang-gmpang susah, apa saja itu yang pertama yaitu berani modal dengkul “bisnis itu hanya modal dengkul bahkan jika kita tidak punya dengkul, kita bisa pinjam dengkul orang lain” (naraya, 2017). Kendala banyak orang ketika memulai usaha adalah modal maka dari itu bob sadino berkata kamu mempunyai dua dengkul adalah modal karena kebanyakan orang berfikiran modal itu bersifa uang atau barang. Karena pada saat bob sadino memulai bisnis beliau tidak mempunyai banyak uang. Pada suatu saat bob sadino teringat dengan sahabatnya yang ada di belanda beliau meminta kepadanya agar dikirimi 50 ekor ayam dan bob sadino bertekat untuk mempelajari ternak ayam, dan lambat laun bisnis itu menjadi usaha yang besar.dan yang kedua adalah buang analisis. “sebagian orang besar pandai dalam menganalisis, setiap ide bisnis di analisis secara lengkap mulai dari modal untung dan rugi sampai event break poin orang goblok tidak pandai mengganalisis sehingga lebih cepat memulai usaha” (naraya, 2017). Dan yang ketiga adalah lupakan rencana “banyak orang bertanya, bisnis apa yang bagus? Bisnis yang bagus adalah bisnis yang di buka bukan di pikirkan terus”. yang keempat adalah take action sejalan dengan nomer dua dan tiga kita arus melangkah. Yang kelima adalah berani gagal karena pepatah mengatakan kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda maka dari itu jika kita ingin sukses kita harus berani gagal. Dan yang ke tujuh berani gila yang ke delapan berhenti berharap yang selanjutnya ada fokus, nothing to lose, bersyukur, peduli konsumen, utamakan kualitas, pisahkan urusan pribadi, bekerja tuntas, berfikir positif. (naraya, 2017) inti dari yang saya jelaskan di atas adalah ketika kita ingin mendirikan sebuah usaha kita harus berani memulainya karena kita hanya bisa melakukanya masalah laku atau tidak itu urusan yang di atas.

MENDIRIKAN USAHA MENURUT DEKTORAT JENDRAL PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA

            Modul diktirat dikti menjelaskan tentang langkah langkah mendi rikan usaha antara lain adalah pilih bidang usaha yang anda minati dan memiliki hasrat pengetahuan di dalamnya. Usaha usaha yang dilakukan seorang individu akan menghasilkan sifat kewirausahaan atau edupeuneurship. Jika kita memiliki keinginan yang tinggi untuk mendirikan usaha maka cara yang pertama ini sangatlah tepat jika di gunakan dalam memulai usaha. Pengetahuan itu dapat kita dapatkan ketika kita menjadi pegawai aau ketika kita magang dan masih banya k cara lain untuk mendapatkan pengetahuan tentang kewirausahaan. Cara kedua adalah peluas dan perbanyak jaringan bisnis dan pertemanan.  cara yang kedua ini juga sangat di butuhkan ketika kita mendirikan sebuah usaha yaitu memperbanyak jaringan atau realisatianship karena dari itu kita untuk membantu marketing kita atau dapat membantu menyediakan barang yang kita butuhkan. Setelah kita melakukan cara yang ke satu dan yang ke dua kita juga butuh pilihlah keunikan dan nilai unggul dalam produk/jasa anda. Contonya ketika kita ingin memulai usaha dawet, di setiap dewet yang kita minum itu tidak menggunakan santan maka dari itu kita membuat dawet menggunakan santan yang akan menjadi ciri khas dan keunikan dawet yang kita jual.dan cara yang selanjutnya yaitu jaga kredibilitas dan brand image. Karena ketika memulai usaha itu sangat penting memperhatikan nama brand contohnya suprime, ketika suprime menjual suatu barang misalnya oreo ketika kita membeli oreo biasa itu harganya biasa saja tetapi ketika kita oreo berkolaborasi dengan suprime maka harga oreo itu akan melonjak karena seprime sedah memiliki kredibilitas yang tinggi. (suwinardi, 2018)

 

D.JENIS JENIS BADAN USAHA

            Pengusaha adalah orang yang menjalankan suatu perusahaan. (utami, 2020) Jenis jenis usaha berdasarkan kepemilikan di bagi menjadi dua yaitu perseorangan yaitu perusahaan milik individu atau pribadi dimiliki oleh satu orang dan yang kedua adalah persekutuan perusahaan yang dimiliki oleh persekutuan atau banyak orang yang lebih dari satu. Jenis jnis usaha dalam pendangan status kepemilikan jiga dibagi menjadi dua yang pertama yaitu swasta suatu usaha yang di miliki perorangan non negara dan yang kedua adalah BUMN badan usaha milik negara suatu perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah bukan milik perorangan. Dan jenis jenis usaha menurut hukum ada dua juga yang pertama adalah badan usaha yang berbentuk badan hukum dan yang kedua badan usaha bukan badan hukum.

Pembagian bentuk usaha yang bukan berbentuk badan hukum

a.       Persekutuan firma. Sebuah perusahaan yang di dirukan atas nama bersama dan tanggung jawab bersama bukan hanya satu orang yang memilikinya.

b.      Persekutuan komanditer (commanditaire vennotscap atau CV) perusahaan yang didirikan oleh dua orang atau lebih.

Pembagian bentuk usaha yang berbentuk badan usaha

a.       Yayasan, usaha yang didirikan bukan untuk mencari sebuah keuntungan yang biasanya di gunakan untuk kepentingan sosial atau sebuah pendidikan

b.      Perseroan terbatas (PT), suatu perusahaan yang mendapatkan modal dari penjualan saham.

c.       Koperasi, usaha yang didirikan oleh orang orang perseroan atau badan hukum koperasi. Tujuan didirikan sebuah koperasi pada umumnya untuk masyarakat dan pada khususnya untuk anggota koperasi. (sholikhah, harahap, & hastuti, 2015)

E.FAKTOR YANG MENGAKIBATKAN SEORANG PENGUSAHA GAGAL

            Menutut zimmer ada beberapa faktor yang mempengaruhi kegagalan seseorang dalam menjalankan usaha antara lain adalah:

a.       Ketidak mampuan managemen, ketidak sanggupan kita dalam mengatur sebuah usaha dapat berpengaruh dalam usaha yang kita jalani.

b.      Kurang pengalaman, kurangnya pengalaman akan berdampak pada usaha yang kita miliki.tapi jangan cemas dengan kegagalan, kita mendapat sebuah pengalaman.

c.       Lemahnya kendali keuwangan,  kita sebagai wirausaha harus bisa mengatur kendali keuwangan yang kita miliki agar pengendalian uang bisa terkendali.

d.      Gagal mengembangkan perencanaan yang srategis, tanpa memiliki staregi maka bisnis kita akan macet dan tidak akan berjalan lancar.

e.       Pertumbuhan tidak terkendali, dalam menjalankan usaha panti ada perkembangan maka dari itu kita harus bisa mengendalikanya sehingga kita dapat mengendalikan maslah yang terjadi di dalam usaha kita.

f.       Lokasi yang buruk, ketika kita memilih tempat usaha kita harus memperhatikan letak tempat itu dan harus memperhatikan biaya sewa tempat yang kita gunakan jika tempatnya menyewa. Harus memperhatikan uang sewa dan pemasukan yang kita dapat.

g.      Pengendalian persediyaan yang kurang baik, persediaan yang tidak mencukupi akan mengakibatkan kurangnya stok barang.

h.      Ketidak mapuan membuat transisi usaha, setelah usaha kita berkembang kita harus bersiap merubah managemen usaha kita. Yang biasanya bersekala kecil kini menjadi besar. (jannah, 2015)

F.  MANFAAT MENJADI WIRAUSAHA

            Banyak manfaat yang di dapatkan baik bagi orang itu sendiri maupun orang yang ada di sekitar. 1. Membuka lapangan pekerjaan, ketika kita mendirikan usha itu bisa kita gunakan untuk memberi pekerjaan kepada orang yang belumpunya pekerjaan. 2. Mendidik karyawan ketika kita mempunyai usaha kita bisa memberi contoh yang baik bagi karyawan. 3. Sebagai generator pembangunan lingkungan. 4. Menjadi pejuang ekonomi bangsa, (mulyanto, 2012). Dari usha kita bisa memberi manfaat bagi orang yang ada di sekitar kita agar bisa mendapatkan pekerjaan.

PENUTUP

KESIMPULAN

            Setelah kita membaca karya ilmiah kita bisa menyimpulkan bahwa memulai usaha ada gampangnya ada juga susahnya tergantung kita menyikapinya seperti yang di kemukakan oleh bob sadino bagaimana cara memulai bisnis hanya modal dengkul dan ada juga yang menyatakan cara cara memulai usaha dari diktorat jendral kementrian pendidikan dan budaya. Dan ada juga faktor faktor yang mempengaruhi sese orang untuk memulai bisanis dari mulai faktor sosial faktor lingkungan dan lain lain. Dan telah kita ketahui alasn mengapa banyak orang memilih membuat usaha sendiri dari pada ikut menjadi pegawai di usaha orang lain. Dan ada juga pembagian usaha menurut hak milik, menurut jumlah pemilik, dan menurut badan hukum ataupum bukan termasuk badan hukum.

SARAN

            Semoga karya ilmiyah yang saya buat dapat bermanfaat dan dapat digunakan dengan sebaik baiknya bagi pembaca dan agar bisa menjadi perbaikan bagi kita semua yang akan memulai sebuah usaha.

WAWANCARA CARA MENDIRIKAN USAHA

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Popular posts from this blog

Iklan Tengah Post